Mengapa orang menaati hukum dan mengapa orang tidak menaati hukum?

Mengapa orang menaati hukum?
• Sebagai warga negara yang baik tentunya semua orang harus menaati hukum yang terdapat di negaranya.
• Jika orang-orang tidak menaati hukum tentu saja itu dapat menimbulkan kekacauan di sebuah tatanan sosial suatu negara yang dapat menyebabkan hilangnya rasa saling menghargai antarumat manusia.
• Hukum dibuat untuk mengatur dan jika dilanggar tentu yang melanggar akan mendapatkan hukuman. Oleh karena itu orang-orang mau-tidak mau harus menaati hukum yang ada agar tidak mendapatkan sanksi.
• Orang yang menaati hukum niscaya dalam hidupnya akan selalu dianggap sebagai orang baik-baik dan orang tersebut akan mudah diterima di lingkungan masyarakat serta ia tidak akan sulit mendapatkan pekerjaan.

Mengapa orang tidak menaati hukum?
• Setiap orang tentu mempunyai keinginan masing-masing yang ingin diraih yang bisa saja tidak semuanya bisa diraih dengan cara yang baik. Orang yang terlampau ambisius cenderung untuk melakukan hal apapun agar mendapat semua yang dinginkannya dan karena itu pula mereka tidak mau menaati hukum yang berlaku.
• Selain itu, ada orang yang tidak menaati hukum karena dia tidak lagi mempunyai pilihan lain untuk melangsungkan hidupnya, seperti orang yang tidak mampu karena frustasi maka ia melakukan perbuatan melanggar hukum.
• Ada suku-suku tertentu yang masih menjunjung tinggi adat-istiadatnya dan kebiasaannya yang turun temurun dilakukan dan kebiasaannya itu termasuk perbuatan yang melanggar hukum. Tetapi mereka tetap tidak mau menghentikannya walaupun telah melanggar hukum karena menurut mereka hal itu telah diturunkan oleh nenek moyang mereka sehingga mereka tidak kuasa untuk menghentikannya karena merupakan pesan leluhur mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s