Tugas Kuliah: Soft Power

Bila dibandingkan dengan hard power, soft power lebih banyak digunakan oleh negara-negara di dunia ini untuk menjalankan kebijakan luar negerinya. Selain tidak perlu menggunakan kekerasan, cara ini juga lebih efektif jika digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Soft power dapat digunakan tidak hanya oleh negara tetapi juga oleh semua aktor dalam politik internasional, seperti organisasi non-pemerintah (NGO), atau lembaga-lembaga internasional.[1]

Soft Power, adalah kemampuan untuk membuat pihak lain menjalankan apa yang kita inginkan tanpa kita harus menggunakan kekerasan atau membayar melainkan melalui daya tarik.[2] Kekuatan dari soft power ini lebih banyak oleh negara-negara di dunia untuk menjalankan misinya. Cara ini tidak mengandung kekerasan dan tidak akan memakan korban jiwa, menyebabkan kerusakan, menimbulkan banyak kerugian, melanggar hak asasi manusia dan lebih bisa diterima oleh siapapun dibanding dengan hard power. Soft power digunakan oleh negara-negara di dunia diantaranya untuk menyelesaikan permasalahan dengan negara lain, memperbaiki citra buruk sebelumnya, menjalankan misinya, dll.

Jika kita melihat negara Cina, bisa dilihat bahwa negara ini menggunakan soft powernya untuk menyebarkan pengaruhnya di dunia. Dengan kekuatan ekonominya yang terus tumbuh, Cina secara perlahan menggeser posisi Barat dalam perekonomian dunia. Kita bisa lihat bahwa produk-produk dari negara ini dapat dengan mudah kita jumpai dengan harga yang murah pula. Berbagai perusahaan multinasional baru dari Cina banyak bermunculan. Selain itu, dibidang kebudayaan kita sangat mudah menjumpai orang-orang dari etnis Cina di benua manapun di dunia mulai dari Asia, Eropa, Australia, Amerika bahkan di Afrika sekalipun. Para warga keturunan Cina ini tetap membawa nilai-nilai leluhur mereka ke negara “baru”nya. Nilai-nilai kebudayaan mereka banyak dipelajari oleh warga-warga pribumi. Bahkan, bahasa mereka yaitu Bahasa Mandarin sekarang sudah menjadi bahasa internasional yang “wajib” dipelajari setelah Bahasa Inggris. Dengan kenyataan ini, Cina berhasil menggunakan soft powernya untuk menyebarkan pengaruhnya di dunia.

Referensi
1) Nye, Jr., Joseph S. (2004). Soft Power: The Means to Success in World Politics. Public Affairs
2) Ibid.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s