Teori asal Teokrasi

Dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewarganegaraan

Teori asal Teokrasi

Teori teokrasi ini mengatakan bahwa memang sudah menjadi kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa suatu negara itu timbul/muncul. Artinya, suatu negara dapat muncul hanya oleh adanya kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. Tanpa adanya kehendak Tuhan, negara tidak akan terbentuk.

Teokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan yang berdasarkan agama/ ketuhanan. Teokrasi erat kaitannya dengan prinsip ketuhanan yang dijadikan suatu sumber atau pedoman bagi pemerintahan suatu negara. Dalam pemerintahan teokrasi juga hukum yang digunakan dalam pemerintahan di negara yang bersangkutan adalah hukum agama. Jika dalam pemerintahan Islam, maka hukum yang digunakan adalah hukum Islam. Konsep teokrasi dalam Islam sering juga disamakan dengan kekhalifahan. Namun, mengingat kekhalifahan dalam Islam sudah tidak ada, bukan berarti negara teokrasi Islam sudah idak ada pula. Negara-negara yang menerapkan hukum Islam dalam konstitusi perundang-undangannya pun bisa disebut negara teokrasi Islam. Di dalam negara teokrasi Islam, penerapan hukum Islam ditegakkan dengan benar sehingga siapapun yang melanggar akan dihukum sesuai dengan pelanggaran yang dlakukannya.

Sudah jelas negara-negara teokrasi menganggap bahwa Tuhan itu ada. Negara-negara yang menganut teokrasi bisa dikatakan sebagian besar masyarakatnya bersifat religius. Ini berbeda dengan negara-negara sekuler dimana banyak warga negaranya yang atheis dan kalaupun beragama tidak terlalu taat dalam melakukan ibadah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s