Rangkuman Pengantar Ilmu Administrasi Bab 8 (Ulbert Silalahi)

Wendy Burhannurdin
170210110065
Ditulis untuk memenuhi tugas Pengantar Ilmu Administrasi
Sumber: Ulbert Silalahi.2008. Studi Tentang Ilmu Administrasi. Bandung: Sinar Baru Algesindo

BAB VIII FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN

PENGANTAR

Pada tingkat proses administrasi, fungsi-fungsi lebih bersifat general dan berlaku bagi seluruh organisasi, sedangkan pada tingkat manajemen fungsi=fungsi itu lebih bersifat departemental atau sektoral (Siagian, 1980). Manajemen dan administrasi tidak menjalankan sendiri-sendiri kegiatannya yang bersifat operasional, tetapi bersama-sama berada dalam satu gerak dan langkah. Oleh karena itu, untuk megindentifikasikan fungsi-fungsi administrasi dan manajemen, termasuk dalam hal penggunaan terminologi.

KLASIFIKASI FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
Berdasarkan klasifikasi fungsi-fungsi manajemen di atas, maka dapat disimpulkan:
1. Bahwa dari berbagai klasifikasi terdapat tiga fungsi persamaan
a. Planning
b. Organizing
c. Controlling
2. Bahwa dari berbagai klasifikasi terdapat fungsi yang menunjukkan hakikat yang sama.
a. Actuating
b. Directing
c. Motivating
d. Leading
e. Coordinating
3. Ada pendapat yang mengatakan, bahwa fungsi staffing sudah berada dalam fungsi organizing.
4. Ada pendapat yang mengatakan, bahwa fungsi coordinating dengan sendirinya berada dan dilaksanakan dalam setiap kegiatan administrasi atau manajemen dan atau berada pada tiap-tiap aktivitas dari masing-masning fungsi.

PERENCANAAN
Perencanaan (planning) merupakan fungsi yang pertama dan bahkan yang utama dalam setiap aktivitas-aktivitas manajemen atau administrasi. Dari beberapa uraian dapat disimpulkan bahwa perencanaan merupakan kegiatan menetapkan tujuan serta merumuskan dan mengatur pendayagunaan manusia, materiil, metode dan waktu untuk memaksimumkan efektivitas pencapaian tujuan. Sedangkan rencana (plan) adalah serangkaian kegiatan dan tindakan yang telah ditetapkan atau suatu arah tindakan yang disusun secara terinci melalui mana kebijaksanaan-kebijaksanaan digerakkan dan dilaksanakan.

PENGORGANISASIAN
Pengorganisasian adalah pembagian pekerjaan yang direncanakan untuk diselesaikan oleh anggota kelompok pekerjaan, penentuan hubungan-hubungan pekerjaan di antara mereka dan pemberian lingkungan pekerjaan yang sepatutnya (George R. Terry, 1977). Pengorganisasian merupakan fungsi yang harus dijalankan oleh setiap manajer pada semua tingkatan dan jenis kegitan dan bentuk organisasi, besar atau kecil, bisnis atau negara. Fungsi pengorganisasian dalam manajemen penting, sebab:
a. Mewujudkan struktur organisasi
b. Uraian tugas dari setiap bidang atau bagian dalam organisasi menjadi jelas.
c. Wewenang dan tanggung jawab menjadi jelas.
d. Memperlihatkan antartugas atau pekerjaan dari setiap unit organisasi
e. Sumber daya manusia dan materiil yang dibutuhkan dapat diketahui.

PENGAWASAN
Pengawasan ialah proses pengamatan daripada pelaksanaan seluruh kegiatan organisasi untuk menjamin agar semua pekerjaan yang sedang dilakukan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan (Sondang P. Siagian, 1980).
Pengawasan merupakan fungsi manajemen yang juga mempunyai hubungan yang erat dengan fungsi-fungsi manajemen lainnya, terutama dengan fungsi perencanaan. Ini berarti, bahwa pengawasan tidak mnugkin dapat dilaksanakan tanpa kegiatan perencanaan dan rencana tidak akan tercapai secara optimal jika tidak disertai dengan pelaksanaan fungsi pengawasan. Dengan kata lain, fungsi kegiatan perencanaan mendahului pengawasan dalam hal mana perencanaan mewarnai dan mempengaruhi kegiatan pengawasan sedangkan pengawasan yang efektif member umpan balik (feed-back) untuk perencanaan dalam hal perubahan-perubahan standar dan input (masukan yang tidak selaras.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s