Eco-Terrorism oleh Earth Liberation Front (ELF)

Eco-terrorism merupakan tindakan dari sekelompok orang maupun organisasi yang berorientasi terhadap lingkungan dengan penggunaan kekerasan di dalamnya terhadap korbannya karena alasan lingkungan. Eco-terrorism ini dilakukan oleh sekelompok aktivis lingkungan radikal yang menyerang siapa saja pihak yang membahayakan lingkungan dengan tidak pandang bulu. Penggunaan istilah eco-terrorism karena terdapat unsur kekerasan maupun pemaksaan di dalamnya. Oleh karena itu, tindakan eco-terrorism yang dilakukan oleh kelompok terorganisasi ini dapat dikatakan sebagai sebuah tindakan kriminal.

Eco-terrorism ini telah merambah hampir ke seluruh dunia. Salah satu kelompok yang ditengarai sebagai pelaku eco-terrorism di wilayah Amerika adalah Earth Liberation Front (ELF). Kelompok ini pada awalnya muncul di Eropa dan mulai merambah Amerika dengan melakukan suatu aksi pada tahun 1995 saat membakar museum margasatwa dan merusak hunting lodge oleh kelompok yang menyebut diri mereka Earth Liberation Army (ELA) di British Columbia, Kanada. Kemudian mulai memasuki Amerika Serikat setahun kemudian dengan menentang restoran McDonald’s yang ditengarai telah merusak lingkungan dalam melakukan produksi makanannya. ELF semakin berkembang setelah didirikannya The Norht American Earht Liberation Front Press Office di Portland, Oregon, AS, oleh Craigh Rosebraugh dan Leslie James Pickering pada tahun 2000.

Kelompok ini kemudian terus melakukan berbagai aksi kekerasan maupun pengrusakan terhadap siapapun yang mereka anggap telah merusak kelestarian lingkungan hingga mendapat perhatian dari FBI. Menurut FBI, ELF merupakan sebuah ancaman terorisme domestik yang telah melakukan 600 aksi kriminal di Amerika Serikat sejak tahun 1996, dengan kerugian mencapai 43 juta dollar AS. Berdasarkan data tersebut, keberadaan kelompok ini sudah sangat meresahkan di wilayah Amerika Serikat khususnya dan wilayah Amerika lain pada umumnya. Terbukti dengan keterlibatan agen intel macam FBI dalam upaya memberantas aksi eco-terrorism yang dilakukan oleh ELF tersebut.

Kelompok ELF dapat dikatakan sebagai aktivis lingkungan yang radikal. Apa tujuan yang diinginkan oleh ELF dalam upaya menyelamatkan lingkungan memang sudah benar, tetapi penggunaan kekerasan dalam praktiknya bagaimanapun telah melanggar hukum dan merupakan sebuah tindakan kriminal. Selain itu, tindakan ELF juga dapat merugikan orang lain dan tidak semua tuduhan ELF terhadap suatu pihak yang dianggapnya melakukan perusakan lingkungan adalah benar adanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s