Menyongsong ASEAN Community 2015

Latar Belakang Masalah

Perhimpunan bangsa-bangsa di Asia Tenggara atau dikenal dengan sebutan ASEAN berencana untuk membentuk ASEAN Community pada tahun 2015 mendatang untuk menghadapi era globalisasi. Pembentukan ASEAN Community ini diawali dengan penandatanganan Bali Concord II saat KTT ASEAN ke-9 di Bali, Indonesia dan melalui KTT ke-12 pada Januari 2007 di Cebu, Filipina, para pemimpin negara-negara ASEAN sepakat mempercepat pembentukan Masyarakat ASEAN sehingga harus terbentuk pada 2015. Untuk mewujudkan hal tersebut, terdapat tiga pilar penting menjadi pegangan organisasi tersebut, yaitu dalam bidang politik dan keamanan, bidang ekonomi, serta sosial budaya.
Politik dan keamanan merupakan pilar yang sangat penting mengingat masih terdapat beberapa konflik yang terjadi yang melibatkan antar negara di ASEAN. Dalam pilar politik dan keamanan negara-negara ASEAN seharusnya mampu menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah ASEAN agar upaya untuk mewujudkan ASEAN Community pada 2015 mendatang dapat terlaksana dengan baik. Kemudian dalam pilar ekonomi, negara-negara ASEAN diharapkan mampu saling bekerja sama untuk membangun perekonomian negara-negara anggotanya. Namun, Sejumlah persoalan di tingkat global yang masih harus dihadapi ASEAN, antara lain masalah pemulihan ekonomi yang rapuh di negara maju, krisis utang berkepanjangan di Eropa, kemungkinan munculnya krisis fiskal di Amerika Serikat, perlambatan pertumbuhan di Asia, gejolak politik dan sosial yang sedang berlangsung di Timur Tengah dan Afrika Utara, serta harga minyak yang tinggi.

Selanjutnya, yang terakhir pilar sosial budaya yang juga akan menjadi fokus pembahasan. Untuk mewujudkan terciptanya masyarakat ASEAN melalui pilar sosial budaya bukan merupakan suatu hal yang mudah karena tiap negara ASEAN mempunyai karakteristik sosial dan budaya yang berbeda. Bahkan, di dalam satu negara saja tidak seluruhnya mempunyai karakteristik yang sama, seperti Indonesia yang sangat beragam dengan memiliki lebih dari 700 etnis dengan bahasa yang berbeda-beda pula. Inilah yang menjadi tantangan untuk mewujudkan ASEAN Community pada tahun 2015 mendatang. Sosial budaya ini merupakan hal yang sangat penting di mana untuk mewujudkan masyarakat ASEAN tentunya harus dibarengi dengan kondisi sosial masyarakat yang baik. Sekarang ini, masih terdapat konflik yang melibatkan antar etnis di negara-negara anggotanya, seperti yang terjadi di Myanmar. Selain itu, karakteristik sosial budaya tiap negara yang berbeda juga dapat menjadi suatu tantangan untuk mewujudkan ASEAN Community tersebut.
Untuk menerapkan pilar sosial budaya tersebut, dilakukan kerja sama antar negara se-kawasan ASEAN dalam masalah sosial dan budaya. Seperti digelarnya The International Conference on Social Welfare in the ASEAN Region yang bertujuan untuk mangembangkan pilar-pilar dalam upaya mendukung proses berdirinya Komunitas Sosial Budaya ASEAN (ASCC), terutama dalam pembangunan manusia untuk kesejahteraan di wilayah ASEAN. Selain konferensi tersebut, sebaiknya digelar pula kerjasama-kerjasama lainnya dalam rangka untuk mewujudkan ASEAN Community.

Sosial budaya merupakan pilar yang sangat penting karena di sinilah komunitas ASEAN sesungguhnya yang melibatkan masyarakat di seluruh ASEAN akan terbentuk. Jika melihat pada pilar politik dan keamanan serta ekonomi, pemerintah antar negaralah yang cenderung akan terlibat secara langsung dan memiliki peran yang paling di dalamnya. Sosial budaya diharapkan mampu mengatasi adanya konflik yang disebabkan oleh masyarakat yang sangat beragam di dalam negara-negara ASEAN, maka sosial budayalah yang akan menjadi kunci sukses terwujudnya ASEAN Community.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s