Perdagangan Bebas

Dalam menjalankan perekonomiannya, suatu negara sangat berpotensi untuk melakukan kerja sama perdagangan dengan negara lain untuk memenuhi segala kebutuhan yang tidak dapat diperoleh di negaranya. Kerja sama tersebut dapat berupa ekspor-impor ke atau dari negara lain. Kerja sama perdagangan ini memang sudah merupakan suatu kebutuhan bagi hampir seluruh negara di dunia karena dengan melakukan kerja sama perdagangan, kebutuhan sebuah negara akan suatu produk yang tidak terdapat di negaranya dapat ia peroleh dengan melakukan kerja sama perdagangan dengan negara lain atau bahkan aktor lain seperti MNC. Dalam menjalankan kebijakan ekonomi tersebut, tidak semua negara bersedia melakukan perdagangan jika produk yang berasal dari negaranya sulit untuk dijual di negara lain. Oleh karena itu, seiring dengan perkembangan globalisasi yang sedang terjadi di dunia menyebabkan semakin banyak negara yang melakukan perdagangan bebas dengan negara lain melalui suatu perjanjian internasional maupun melalui aturan yang dikeluarkan oleh organisasi perdagangan internasional seperti WTO terhadap negara-negara anggotanya.

Perdagangan bebas adalah sebuah sistem di mana barang, modal, dan aliran tenaga kerja bebas antara negara-negara, tanpa hambatan yang dapat menghambat proses perdagangan. Hambatan-hambatan tersebut dapat berupa hambatan tarif, kuota impor, dumping, dan subsidi pemerintah. Oleh karena itu, dalam perdagangan bebas seharusnya tidak terdapat hambatan-hambatan seperti yang telah disebutkan tadi karena hal tersebut dapat berarti proteksi perdagangan.

Perdagangan bebas sering dilakukan oleh negara-negara yang tergabung dalam World Trade Organization (WTO) yang merupakan sebuah organisasi internasional yang bergerak di bidang perdagangan. Kehadiran WTO semakin menegaskan bahwa dunia berada dalam rezim perdagangan bebas yang terjadi saat ini. Selain itu juga biasanya perdagangan bebas dilakukan oleh negara-negara yang terikat dalam sebuah perjanjian internasional, seperti ¬AFTA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s